Skip to main content

ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA "HASHING TABLE"


A.    DASAR TEORI
1.      Pengertian Hash Tabel
Hash Table adalah sebuah struktur data yang terdiri atas sebuah tabel dan fungsi yang bertujuan untuk memetakan nilai kunci yang unik untuk setiap record (baris) menjadi angka (hash) lokasi record tersebut dalam sebuah tabel.
Keunggulan dari struktur hash table ini adalah waktu aksesnya yang cukup cepat, jika record yang dicari langsung berada pada angka hash lokasi penyimpanannya. Akan tetapi pada kenyataannya sering sekali ditemukan hash table yang record-recordnya mempunyai angka hash yang sama (bertabrakan).
Pemetaan hash function yang digunakan bukanlah pemetaan satusatu, (antara dua record yang tidak sama dapat dibangkitkan angka hash yang sama) maka dapat terjadi bentrokan (collision) dalam penempatan suatu data record. Untuk mengatasi hal ini, maka perlu diterapkan kebijakan resolusi bentrokan (collision resolution policy) untuk menentukan lokasi record dalam tabel. Umumnya kebijakan resolusi bentrokan adalah dengan mencari lokasi tabel yang masih kosong pada lokasi setelah lokasi yang berbentrokan.
2.      Operasi Pada Hash Tabel
Ø  insert: diberikan sebuah key dan nilai, insert nilai dalam tabel
Ø  find: diberikan sebuah key, temukan nilai yang berhubungan dengan key
Ø  remove: diberikan sebuah key,temukan nilai yang berhubungan dengan key, kemudian hapus nilai tersebut
Ø  getIterator: mengambalikan iterator,yang memeriksa nilai satu demi satu
3.      Struktur dan Fungsi pada Hash Tabel.
Hash table menggunakan struktur data array asosiatif yang mengasosiasikan record dengan sebuah field kunci unik berupa bilangan (hash) yang merupakan representasi dari record tersebut. Misalnya, terdapat data berupa string yang hendak disimpan dalam sebuah hash table. String tersebut direpresentasikan dalam sebuah field kunci k.
Cara untuk mendapatkan field kunci ini sangatlah beragam, namun hasil akhirnya adalah sebuah bilangan hash yang digunakan untuk menentukan lokasi record. Bilangan hash ini dimasukan ke dalam hash function dan menghasilkan indeks lokasi record dalam tabel.
            k(x) = fungsi pembangkit field kunci (1)
            h(x) = hash function (2)
Contohnya, terdapat data berupa string “abc” dan “xyz” yang hendak disimpan dalam struktur hash table. Lokasi dari record pada tabel dapat

dihitung dengan menggunakan h(k(“abc”)) dan h(k(“xyz”)).
            Gambar 1. Penempatan record pada hash table

Jika hasil dari hash function menunjuk ke lokasi memori yang sudah terisi oleh sebuah record maka dibutuhkan kebijakan resolusi bentrokan. Biasanya masalah ini diselesaikan dengan mencari lokasi record kosong

berikutnya secara incremental.

            Gambar 2. Resolusi bentrokan pada hash table
Deklarasi utama hash tabel adalah dengan struct, yaitu:
typedef struct hashtbl {
hash_size size;
struct hashnode_s **nodes;
hash_size (*hashfunc)(const char *);
} HASHTBL;
Anggota simpul pada hashtbl mempersiapkan penunjuk kepada unsur pertama yang terhubung dengan daftar. unsur ini direpresentasikan oleh struct hashnode_:
struct hashnode_s {
char *key;
void *data;
struct hashnode_s *next;
};

Inisialisasi
  Deklarasi untuk inisialisasi hash tabel seperti berikut:
HASHTBL *hashtbl_create(hash_size size, hash_size
(*hashfunc)(const char *))
{
HASHTBL *hashtbl;
if(!(hashtbl=malloc(sizeof(HASHTBL)))) return NULL;
free(hashtbl);
return NULL;
}
hashtbl->size=size;
if(hashfunc) hashtbl->hashfunc=hashfunc;
else hashtbl->hashfunc=def_hashfunc;
return hashtbl;
}
 Cleanup
Hash Tabel dapat menggunakan fungsi linked lists untuk menghapus element
atau daftar anggota dari hash tabel .
Deklarasinya:
void hashtbl_destroy(HASHTBL *hashtbl)
{
hash_size n;
struct hashnode_s *node, *oldnode;
for(n=0; n<hashtbl->size; ++n) {
node=hashtbl->nodes[n];
while(node) {
free(node->key);
oldnode=node;
node=node->next;
free(oldnode);
}
}
free(hashtbl->nodes);
free(hashtbl);
}

Menambah Elemen Baru
Untuk menambah elemen baru maka harus menentukan ukuran pada hash tabel. Dengan deklarasi sebagai berikut:
int hashtbl_insert(HASHTBL *hashtbl, const char *key, void
*data)
{
struct hashnode_s *node;
hash_size hash=hashtbl->hashfunc(key)%hashtbl->size;
Penambahan elemen baru dengan teknik pencarian menggunakan linked lists
untuk mengetahui ada tidaknya data dengan key yang sama yang
sebelumnya sudah dimasukkan, menggunakan deklarasi berikut:
node=hashtbl->nodes[hash];
while(node) {
if(!strcmp(node->key, key)) {
node->data=data;
return 0;
}
node=node->next;
}
Jika tidak menemukan key yang sama, maka pemasukan elemen baru pada
linked lists dengan deklarasi berikut:
if(!(node=malloc(sizeof(struct hashnode_s)))) return -1;
if(!(node->key=mystrdup(key))) {
free(node);
return -1;
}
node->data=data;
node->next=hashtbl->nodes[hash];
hashtbl->nodes[hash]=node;
return 0;
}

Menghapus sebuah elemen
Untuk menghapus sebuah elemen dari hash tabel yaitu dengan mencari nilai hash menggunakan deklarasi linked list dan menghapusnya jika nilai tersebut ditemukan. Deklarasinya sebagai berikut:
int hashtbl_remove(HASHTBL *hashtbl, const char *key)
{
struct hashnode_s *node, *prevnode=NULL;
hash_size hash=hashtbl->hashfunc(key)%hashtbl->size;
node=hashtbl->nodes[hash];
while(node) {
if(!strcmp(node->key, key)) {
free(node->key);
if(prevnode) prevnode->next=node->next;
else hashtbl->nodes[hash]=node->next;
free(node);
return 0;
}
prevnode=node;
node=node->next;
}
return -1;
}

Searching
Teknik pencarian pada hash tabel yaitu dengan mencari nilai hash yang sesuai menggunakan deklarasi sama seperti pada linked list. Jika data tidak
ditemukan maka menggunakan nilai balik NULL. Deklarasinya sebagai berikut:
void *hashtbl_get(HASHTBL *hashtbl, const char *key)
{
struct hashnode_s *node;
hash_size hash=hashtbl->hashfunc(key)%hashtbl->size;
node=hashtbl->nodes[hash];
while(node) {
if(!strcmp(node->key, key)) return node->data;
node=node->next;
}
return NULL;
}




Resizing
Jumlah elemen pada hash tabel tidak selalu diketahui ketika terjadi penambahan data. Jika jumlah elemen bertambah begitu besar maka itu akan mengurangi operasi pada hash tabel yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan memory. Fungsi Resizing hash tabel digunakan untuk mencegah terjadinya hal itu.Dekalarsinya sebagai berikut:
int hashtbl_resize(HASHTBL *hashtbl, hash_size size)
{
HASHTBL newtbl;
hash_size n;
struct hashnode_s *node,*next;
newtbl.size=size;
newtbl.hashfunc=hashtbl->hashfunc;
if(!(newtbl.nodes=calloc(size, sizeof(struct
hashnode_s*)))) return -1;
for(n=0; n<hashtbl->size; ++n) {
for(node=hashtbl->nodes[n]; node; node=next) {
next = node->next;
hashtbl_insert(&newtbl, node->key,
node->data);
hashtbl_remove(hashtbl, node->key);
}
}
free(hashtbl->nodes);
hashtbl->size=newtbl.size;
hashtbl->nodes=newtbl.nodes;
return 0;
}

Lookup pada Hash table
Salah satu keunggulan struktur hash table dibandingkan dengan struktur tabel biasa adalah kecepatannya dalam mencari data. Terminologi lookup mengacu pada proses yang bertujuan untuk mencari sebuah record pada sebuah tabel, dalam hal ini adalah hash table.
Dengan menggunakan hash function, sebuah lokasi dari record yang dicari
bisa diperkirakan. Jika lokasi yang tersebut berisi record yang dicari, maka
pencarian berhasil. Inilah kasus terbaik dari pencarian pada hash table. Namun, jika record yang hendak dicari tidak ditemukan di lokasi yang diperkirakan, maka akan dicari lokasi berikutnya sesuai dengan kebijakan resolusi bentrokan. Pencarian akan berhenti jika record ditemukan, pencarian bertemu dengan tabel kosong, atau pencarian telah kembali ke lokasi semula.

Collision (Tabrakan)
Keterbatasan tabel hash menyebabkan ada dua angka yang jika dimasukkan ke dalam fungsi hash maka menghasilkan nilai yang sama. Hal ini disebut dengan collision.
contoh: Kita ingin memasukkan angka 6 dan 29.
             Hash(6) = 6 % 23 = 6
             Hash(29)= 29 % 23 = 6


Pertama-tama anggap tabel masih kosong. Pada saat angka 6 masuk akan ditempatkan pada posisi indeks 6, angka kedua 29 seharusnya ditempatkan di indeks 6 juga, namun karena indeks ke-6 sudah ditempati maka 29 tidak bisa ditempatkan di situ, di sinilah terjadi collision. Cara penanganannya bermacam-macam :

Collision Resolution Open Addressing
1.      Linear Probing
Pada saat terjadi collision, maka akan mencari posisi yang kosong di bawah tempat terjadinya collision, jika masih penuh terus ke bawah, hingga ketemu tempat yang kosong. Jika tidak ada tempat yang kosong berarti HashTable sudah penuh. Contoh deklarasi program:
struct { ... } node;
node Table[M]; int Free;
/* insert K */
addr = Hash(K);
if (IsEmpty(addr)) Insert(K,addr);
else {
/* see if already stored */
test:
if (Table[addr].key == K) return;
else {
addr = Table[addr].link; goto test;}
/* find free cell */
Free = addr;
do { Free--; if (Free<0) Free=M-1; }
while (!IsEmpty(Free) && Free!=addr)
if (!IsEmpty(Free)) abort;
else {
Insert(K,Free); Table[addr].link = Free;}
}
2.      Quadratic Probing
Penanganannya hampir sama dengan metode linear, hanya lompatannya tidak satu-satu, tetapi quadratic ( 12, 22, 32, 42, … )
3.      Double Hashing
Pada saat terjadi collision, terdapat fungsi hash yang kedua untuk menentukan posisinya kembali.

Collision Resolution Chaining
Ø  Tambahkan key and entry di manapun dalam list (lebih mudah dari depan)
Ø  Kerugian:
-          Overhead pada memory tinggi jika jumlah entry sedikit
Ø  Keunggulan dibandingkan open addressing:
-          Proses insert dan remove lebih sederhana
-          Ukuran Array bukan batasan (tetapi harus tetap meminimalisir
collision: buat ukuran tabel sesuai dengan jumlah key dan entry yang diharapkan)




B.     LATIHAN
Latihan
a. Source Kode Program
#include <string.h>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

typedef struct _node{
    char *name;
    char *desc;
    struct _node *next;
}node;

#define HASHSIZE 5
static node*hashtab[HASHSIZE];

void inithashtab(){
    int i;
    for(i=0;i<HASHSIZE;i++)
        hashtab[i];
}

unsigned int hash(char *s){
    unsigned int h=0;
    for(;*s;s++)
        h=*s+h*31;
    return h%HASHSIZE;
}

node* lookup(char *n){
    unsigned int hi=hash(n);
    node* np=hashtab[hi];
    for(;np!=NULL;np=np->next){
        if(!strcmp(np->name,n))
            return np;
    }
    return NULL;
}

char* m_strdup(char *o){
    int l=strlen(o)+1;
    char *ns=(char*)malloc(l*sizeof(char));
    strcpy(ns,o);
    if(ns==NULL)
        return NULL;
    else
        return ns;
}

char* get(char* name){
    node* n=lookup(name);
    if(n==NULL)
        return NULL;
    else
        return n->desc;
}

int install(char* name,char* desc){
    unsigned int hi;
    node* np;
    if((np=lookup(name))==NULL){
        hi=hash(name);
        np=(node*)malloc(sizeof(node));
        if(np==NULL)
            return 0;
        np->name=m_strdup(name);
        if(np->name==NULL) return 0;
        np->next=hashtab[hi];
        hashtab[hi]=np;
    }
    else
        free(np->desc);
    np->desc=m_strdup(desc);
    if(np->desc==NULL) return 0;
    return 1;
}

void displaytable(){
    int i;
    node*t;
    for(i=0;i<HASHSIZE;i++){
        if(hashtab[i]==NULL)
            printf("");
        else
            t=hashtab[i];
            printf("");
            for(;t!=NULL;t=t->next)
        printf("(%s:%s)",t->name,t->desc);
            printf("");
            printf("");
    }
}

void cleanup() { //inisialisasi perintah cleanup
    node*np, *t;
    int i;
   
    for(i=0;i<HASHSIZE;i++) {
           if(hashtab[i]!=NULL) {
                  np=hashtab[i];
                  while(np!=NULL) {
                  t = np->next;
                  free(np->name);
                  free(np->desc);
                  free(np);
                  np=t;
                  }
           }
    }
}

void data(){
    int i;
    char* names[]={"name ","address ","phone ","cita-cita ","sekolah"};
    char* descs[]={"Mahfuz", "Bima", "087759662524", "guru", "mahasiswa"};

    inithashtab();
    for(i=0;i<5;i++)
        install(names[i], descs[i]);

    printf("\nDone\n");
    printf("\nKerjakan tugas dengan jujur");
    install("phone","9433120451");
    printf("\nhasilnya adalah", get("name"), get("address"), get("phone"), get("cita-cita"), get("sekolah"));
}

main(){
    int pilihan;
    do{
        clrscr();
        printf("+________________________________________________________+\n");
        printf("|name  || address || phone       ||cita-cita || sekolah  |\n");
        printf("+________________________________________________________+\n");
        printf("|Mahfuz|| Bima    || 087759662524||guru      || mahasiswa|\n");
        printf("+________________________________________________________+\n");
    cout<<"+_________________+\n";
    cout<<"| MENU  PILIHAN    |\n";
    cout<<"+_________________+\n";
    cout<<"|1. Tampilan Data  |\n";
    cout<<"|2. Display Table |\n";
    cout<<"|3. Cleanup       |\n";
    cout<<"|4. Exit          |\n";
    cout<<"+_________________+\n";
    cout<<"| PILIHAN ANDA? []|\n";
    cout<<"+_________________+\n";
    cin>>pilihan;
    switch(pilihan){
    case 1:
        data();
    case 2:
        displaytable();
        break;
    case 3:
        cleanup();
        break;
    case 4:
        cout<<"Terima Kasih! ";
        cout<<"";
        break;
    }
    getch();
    }while(pilihan !=4);
    return 0;
}
b. Output Program
 


C.    TUGAS RUMAH
1.      Tugas Rumah 1
a.       Source Code Program
#include <string.h>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <iomanip.h>
#include <ctype.h>
#include <string.h>

#define HASHSIZE 100
#define KODEMK 30
#define NAMAMK 13

struct HashData{
   char kode[KODEMK];
   char nama[NAMAMK];
};

static HashData *hashTable[HASHSIZE];
void Clear();
void insert(HashData *);
void searching(HashData *);
int searchingProcess(HashData *, int);
void deleting(HashData *);
int hashFunction(HashData *);
bool isIndexEmpty(int);
int characterAmount(char []);
void DisplayTable();

int main(){
   char ulang = 'Y', menu;

   Clear();
   do{
          system("cls");

          puts("               TABEL  MATA KULIAH               ");
          puts("");
          puts("1. Input");
          puts("2. Delete");
          puts("3. Find");
          puts("4. Display");
          puts("5. Clear");
          puts("x. Keluar");
          puts("");
          cout<<"Menu pilihan Anda : "; cin>>menu;

          switch(menu){
          case '1' :
                 HashData *array;
                 array = new HashData;

         puts("");
                 printf("KodeMK          : "); gets(array->kode);
                 printf("Matakuliah      : "); gets(array->nama);
                 insert(array);
          break;

                 case '2' :
                 HashData *hapus;
                 hapus = new HashData;

                 printf("Hapus Matakuliah(KodeMK) : "); gets(hapus->kode);
                 deleting(hapus);
          break;

          case '3' :
                 HashData *cari;
                 cari = new HashData;

                 printf("Cari MataKuliah (KodeMK) : "); gets(cari->kode);
                 searching(cari);
          break;

          case '4' :
                 DisplayTable();
          break;

          case '5' :
                 Clear();
                 puts("Tabel hash telah dikosongkan.");
          break;

          case 'x' :
          case 'X' :
                 ulang = 'T';
          break;

          default :
                 puts("Pilihan diluar Menu yang tersedia!");
          break;
          }

          getch();
   }
   while(toupper(ulang) == 'Y');
}

void Clear(){
   for(int i = 0; i < HASHSIZE; i++)
          hashTable[i] = NULL;
}

void insert(HashData *array){
   int rec;

   rec = hashFunction(array);
   hashTable[rec] = array;

   cout<<"Input successfully!"<<endl;
   cout<<"Data disimpan pada record indeks "<<rec<<endl;
}

void searching(HashData *cari){
   int rec;

   rec = hashFunction(cari);
   rec = searchingProcess(cari, rec);

   if(rec >= 0){
          cout<<"Data ditemukan pada record indeks "<<rec<<endl;
          cout<<"Isi data : "<<endl;
          cout<<"=> KodeMK      : "<<hashTable[rec]->kode<<endl;
          cout<<"=> Matakuliah  : "<<hashTable[rec]->nama<<endl;
   }
   else
          cout<<"Maaf! Data tidak ditemukan."<<endl;
}

int searchingProcess(HashData *cari, int rec){
   int m, n, j = 0;
   bool equal = true;


   if(isIndexEmpty(rec) == false){
          n = characterAmount(cari->kode);
          m = characterAmount(hashTable[rec]->kode);

          if(n == m){
                 while((equal == true) && (cari->kode[j] != '\0')){
                        if(tolower(cari->kode[j]) != tolower(hashTable[rec]->kode[j]))
                               equal = false;

                        j++;
                 }

                 if(equal == true)
                        return rec;
                 else
                        return -1;
          }
          else
                 return -1;
   }
   else
          return -1;
}

void deleting(HashData *hapus){
   int rec;

   rec = hashFunction(hapus);
   rec = searchingProcess(hapus, rec);

   if(rec >= 0){
          cout<<"Data :"<<endl;
          cout<<"   => KodeMK      : "<<hashTable[rec]->kode<<endl;
          cout<<"   => MataKuliah  : "<<hashTable[rec]->nama<<endl;
          cout<<"terhapus!"<<endl;

          hashTable[rec] = NULL;
   }
   else
          cout<<"Maaf! Data tidak ditemukan!"<<endl;
}

int hashFunction(HashData *array){
   int value = 0, rec, n;

   n = characterAmount(array->kode);

   for(int i=0; i<n; i++)
          value += array->kode[i];

   rec = value % HASHSIZE;

   return rec;
}

bool isIndexEmpty(int rec){
   if(hashTable[rec] == NULL)
          return true;
   else
          return false;
}

int characterAmount(char array[]){
   int jumlah=0;

   for(int i=0; array[i]!='\0'; i++)
          jumlah++;

   return jumlah;
}

void DisplayTable(){
   cout<<"\n";
   cout<<"+--------+--------------+--------------------------------+"<<endl;
   cout<<"  Indeks       KODEMK               Nama Mata Kuliah      "<<endl;
   cout<<"+--------+--------------+--------------------------------+"<<endl;

   for(int i = 0; i < HASHSIZE; i++){
          if(isIndexEmpty(i) == false)
                 cout<<setw(6)<<i<<"     "<<hashTable[i]->kode<<"\t      "<<hashTable[i]->nama<<endl;
   }
}
b.      Output Program

2.      Tugas Rumah 2
a.       Source Code Program
#include <string.h>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <iomanip.h>
#include <ctype.h>
#include <string.h>

#define HASHSIZE 50
#define KODEMK 30
#define NAMAMK 13

struct HashData{
   char kode[KODEMK];
   char nama[NAMAMK];
};

static HashData *hashTable[HASHSIZE];
static int jmlData;
static int Cari;

void Clear();
void insert(HashData *);
void searching(HashData *);
int searchingProcess(HashData *, int);
void deleting(HashData *);
int hashFunction(HashData *);
bool isIndexEmpty(int);
int collision(int);
int characterAmount(char []);
void DisplayTable();

int main(){
   char ulang = 'Y', menu;

   Clear();

   do{
          system("cls");

          puts("          TABEL MATA KULIAH         ");
          puts("");

          puts("1. Input");
          puts("2. Delete");
          puts("3. Search");
          puts("4. Display");
          puts("5. Clear");
          puts("x. Exit");
          puts("");
          cout<<"Menu pilihan Anda : "; cin>>menu;

          switch(menu){
          case '1' :
                 if(jmlData < HASHSIZE){
                        HashData *array;
                        array = new HashData;

                        printf("KodeMK      : "); gets(array->kode);
                        printf("Matakuliah  : "); gets(array->nama);
                        insert(array);
                 }
                 else
                        puts("Record Full! Data tidak Bisa ditambahkan!");
          break;

          case '2' :
                 HashData *hapus;
                 hapus = new HashData;

                 printf("Matakuliah (KodeMK) : "); gets(hapus->kode);
                 deleting(hapus);
          break;

          case '3' :
                 HashData *cari;
                 cari = new HashData;

                 printf("MataKuliah (KodeMK) : "); gets(cari->kode);
                 searching(cari);
          break;

          case '4' :
                 DisplayTable();
          break;

          case '5' :
                 Clear();

                 puts("Tabel hash telah dikosongkan.");
          break;

          case 'x' :
          case 'X' :
                 ulang = 'T';
          break;

          default :
                 puts("Menu salah!");
          break;
          }

          getch();
   }
   while(toupper(ulang) == 'Y');
}

void Clear(){
   for(int i = 0; i < HASHSIZE; i++)
          hashTable[i] = NULL;
}

void insert(HashData *array){
   int rec;

   rec = hashFunction(array);

   while(isIndexEmpty(rec) == false)
          rec = collision(rec);

   hashTable[rec] = array;
   jmlData++;

   cout<<"Input successfully!"<<endl;
   cout<<"Data disimpan pada record indeks "<<rec<<endl;
}

void searching(HashData *cari){
   int rec;

   rec = hashFunction(cari);
   rec = searchingProcess(cari, rec);

   if(rec >= 0){
          cout<<"Data ditemukan pada record indeks "<<rec<<endl;
          cout<<"Isi data       : "<<endl;
          cout<<"=> KodeMK      : "<<hashTable[rec]->kode<<endl;
          cout<<"=> MataKuliah  : "<<hashTable[rec]->nama<<endl;
   }
   else
          cout<<"Maaf! Data tidak ditemukan."<<endl;

   Cari = 0;
}

int searchingProcess(HashData *cari, int rec){
   int m, n, j = 0;
   bool equal = true;

   Cari++;

   if(Cari <= HASHSIZE){
          if(isIndexEmpty(rec) == false){
                 n = characterAmount(cari->kode);
                 m = characterAmount(hashTable[rec]->kode);

                 if(n == m){
                        while((equal == true) && (cari->kode[j] != '\0')){
                               if(tolower(cari->kode[j]) != tolower(hashTable[rec]->kode[j]))
                                      equal = false;

                               j++;
                        }

                        if(equal == true)
                               return rec;
                        else{
                               rec = collision(rec);
                               return searchingProcess(cari, rec);
                        }
                 }
                 else{
                        rec = collision(rec);
                        return searchingProcess(cari, rec);
                 }
          }
          else{
                 rec = collision(rec);
                 return searchingProcess(cari, rec);
          }
   }
   else
          return -1;
}

void deleting(HashData *hapus){
   int rec;

   rec = hashFunction(hapus);
   rec = searchingProcess(hapus, rec);

   if(rec >= 0){
          cout<<"Data :"<<endl;
          cout<<"   => KodeMK      : "<<hashTable[rec]->kode<<endl;
          cout<<"   => Matakuliah  : "<<hashTable[rec]->nama<<endl;
          cout<<"terhapus!"<<endl;

          hashTable[rec] = NULL;

          jmlData--;
   }
   else
          cout<<"Maaf! Data tidak ditemukan!"<<endl;
}

int hashFunction(HashData *array){
   int value = 0, rec, n;

   n = characterAmount(array->nama);

   for(int i=0; i<n; i++)
          value += array->kode[i];

   rec = value % HASHSIZE;

   return rec;
}

bool isIndexEmpty(int rec){
   if(hashTable[rec] == NULL)
          return true;
   else
          return false;
}

int collision(int rec){
   int interval = 3;

   rec += interval;

   if(rec > HASHSIZE - 1)
          rec -= HASHSIZE;

   return rec;
}

int characterAmount(char array[]){
   int jumlah=0;

   for(int i=0; array[i]!='\0'; i++)
          jumlah++;

   return jumlah;
}

void DisplayTable(){
   cout<<"\n";
   cout<<"+--------+--------------+--------------------------------+"<<endl;
   cout<<"  Indeks       KodeMK                 Matakuliah          "<<endl;
   cout<<"+--------+--------------+--------------------------------+"<<endl;

   for(int i = 0; i < HASHSIZE; i++){
          if(isIndexEmpty(i) == false)
                 cout<<setw(6)<<i<<"     "<<hashTable[i]->kode<<"\t      "<<hashTable[i]->nama<<endl;
   }
}
b.      Output Program





Hosting Unlimited Indonesia

Comments

  1. Terima kasih ya...atas share nya.....semoga bisa menjadi amalan......nuhun...hebat

    ReplyDelete
  2. Best Live Casino Games in the UK
    All live casino games available on mobile can be played in an 999betasia instant with no download and 888 스포츠 no download 7 포커 required. Live casino games 코인갤 have high 삼성 코엑스 quality gameplay  Rating: 5 · ‎6 votes

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas Komentarnya!

Popular posts from this blog

PROGRAM MEMBUAT KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) Menggunakan C++

Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Tujuan pembuatan KTP adalah agar seseorang memiliki kepastian dimana dia tinggal dan dapat diakui oleh Negara yang ditinggalinya. Dalam KTP terdapat identitas pribadi seseorang dimana identitas tersebut digunaka untuk mengetahui keadaan seseorang dan juga dapat digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya tersesat pada saat bepergian, pembunuhan, masuknya warga Negara secara illegal dan dapat membahyakan Negara tersebut contohnya terorisme. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu program yang dapat membantu pemabauatan KTP tersbebut dan selanjutnya akan dilakukan penyimpanan data sebaga

Peningkatan Pengalaman Pengguna: UI/UX yang Disesuaikan pada iPhone 15

Peningkatan Pengalaman Pengguna: UI/UX yang Disesuaikan pada iPhone 15 Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, pengalaman pengguna yang lebih baik menjadi salah satu fokus utama bagi perusahaan teknologi terkemuka seperti Apple. Dengan peluncuran iPhone 15, perusahaan ini tidak hanya menawarkan inovasi teknologi yang canggih, tetapi juga menghadirkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern. Desain Antarmuka yang Ergonomis iPhone 15 hadir dengan desain antarmuka yang lebih ergonomis, memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berinteraksi dengan perangkat mereka. Tampilan yang disempurnakan memberikan keterbacaan yang lebih baik, ikon yang lebih jelas, dan tata letak yang lebih terorganisir. Ini membuat navigasi melalui berbagai aplikasi dan fitur menjadi lebih intuitif dan menyenangkan. Personalisasi yang Lebih Luas Apple memberikan fokus yang lebih besar pada personalisasi pengalaman pengguna dalam iPhone 15. Pen