Skip to main content

PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN JAVA II

 


LAPORAN KE-2

”PENGENALAN JAVA II”


  1. TUJUAN

  • Mahasiswa mampu membuat class sendiri

  • Mahasiswa mampu mendeklarasikan atribut dan method pada class 

  • Mahasiswa mampu menerapkan overloaded method


  1. DASAR TEORI

  1. Class

Class adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu fungsi objek (benda),yang mendeskripsikan data (sifat karakteristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut.Karena kelas merupakan wadah yang akan digunakan untuk menciptakan objek,maka jelaslah bahwa kita harus membuat kelas terlebih dahulu sebelum membuat objek.

Dalam pendefinisian class,umumnya dituliskan sebagai berikut :

<modifier> class <name> {

<attributeDeclaration>*

<constructorDeclaration>*

<methodDeclaration>*

}

  1. Object

Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait.Object saling berinteraksi dengan saling memanggil metode dari suatu object ke object lainnya,disebut message.Dengan kata lain,object merupakan instance sebenarnya dari sebuah class.Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan menggunakan kata kunci new.

Dalam bahasa pemrograman Java,object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut :

nama_class nama_instance = new nama_class();



  1. Attribute

Dalam pendeklarasian atribut,dapat dituliskan :

<modifier> <type> <name> [= <default_value>];


  1. Scoope Variabel

Variabel Scoope (cakupan variable) menentukan seberapa luas variable dapat diakses.Ruang lingkup atau scoope suatu variabl merupakan penempatan lokasi dimana variable tersebut dideklarasikan dan dapat berlaku.Lingkup variable terbagi dua,yaitu lingkup Global dan Local.


  1. Overloading Methods

Dalam class yang kita buat,kadangkala kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan.Kemampuan ini dimungkinkan dalam pemrograman Java,dan dikenal sebagai overloading method.


  1. Input/Output

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input :

  • Tambahkan di bagian paling atas code:

import java.io.*;

  • Tambahkan statemen berikut pada method main:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));

  • Deklarasikan variable String temporary dan digunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.

try { 

String temp = dataIn.readLine(); 

} catch ( IOException e ){ 

System.out.println(“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input ”) 


Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input dari console dengan Scanner :

  • Menambahkan

import java.util.Scanner;

  • Membuat objek dari class Scanner

Scanner input = new Scanner(System.in);

  • Memasukkan nilai dari masing-masing variable dengan menggunakan object dari Scanner


System.out.print(“Masukan nama : “);

String nama = input.nextLine();

System.out.println(nama);

 

  1. LATIHAN

Latihan 1

  • Script Program

  • Output program

  • Script Program

  • Output Program

  • Script Program

public class TestMahasiswa{

public static void main(String[]sugeng){

System.out.println("Mengganti identitas Mahasiswa PTI");

MahasiswaPTI MHS=new MahasiswaPTI();

System.out.println("IDENTITAS AWAL : ");

MHS.cetak();

MHS.ubah("DITA",2010,"Madiun");

System.out.println("IDENTITAS AKHIR : ");

MHS.cetak();

System.out.println("===========================================");

System.out.println("Mengganti identitas Mahasiswa PTE");

MahasiswaPTE MHSE=new MahasiswaPTE();

System.out.println("IDENTITAS AWAL : ");

MHSE.cetak();

MHSE.ubah("DITA",2010,"Madiun");

System.out.println("IDENTITAS AKHIR : ");

MHSE.cetak();

}

}

  • Output Program

Latihan 2

a.Program

b.Program


c. class yang terbentuk di folder

e.Output Program

f.

Latihan 3

a.Program

b.Program



c. class yang terbentuk di folder


Latihan 4

a.Program

b.Output 





Latihan 5

  1. Program





  1. Output

  1. TUGAS PRAKTIKUM

  1. Tugas Praktikum 1

Program

class Rumah1{

static int tambah(int a, int b){

return a+b;

}

static double tambah(double a, double b){

return a+b;

}

static int tambah(int a, int b, int c){

return a+b+c;

}


public static void main(String[]opo){

Penjumlahan angka=new Penjumlahan();

int    hasil=angka.tambah(3,4);

int    hasil2=angka.tambah(3,4);

int    hasil3=angka.tambah(3,4,8);

double hasil4=angka.tambah(7.0,7.5);

System.out.println("1. "+hasil);

System.out.println("2. a<3> + b<4> ="+hasil2);

System.out.println("3. "+hasil3);

System.out.println("4. "+hasil4);

}

}

Output.




  1. Tugas Praktikum 2

Program

class Boolean{

static boolean cek(boolean b){

if(b==true)return false;

else return true;

}


static boolean kurangdarisd(int a, int b){

if(a<=b) return true;

else return false;

}


static boolean lebihdari(int a, int b){

if(a>b) return true;

else return false;

}

public static void main(String[]opo){

Boolean bo=new Boolean();

boolean b=true;

System.out.println("Nilai b = "+b);

System.out.println("Statemen Awal dieksekusi");

b=bo.cek(b);

System.out.println("Nilai b = "+b);

System.out.println("Statemen Akhir dieksekusi");

System.out.println("2 <=7 mengembalikan nilai "+bo.kurangdarisd(2,7));

System.out.println("3 >9  mengembalikan nilai "+bo.lebihdari(3,9));

System.out.println("9 <=9 mengembalikan nilai "+bo.kurangdarisd(9,9));

}

}

Output 



  1. Tugas praktikum 3

Program

import java.io.*;


public class Name{

public static String bacaInputan(){

String baca="";

InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);

BufferedReader buf=new BufferedReader(input);

try{

baca=buf.readLine();

}catch(IOException e){

System.out.println("Error!");

}

return baca;

}


public static void main(String[]sugeng){

System.out.println("Please input your name : ");

String name=Name.bacaInputan();

System.out.println("Please input your character : ");

String character=Name.bacaInputan();

System.out.println("Hello...My name is "+name);

System.out.println("I'm a very "+character+" person.");

}

}

Output

  1. Tugas Rumah

  1. Tugas Rumah 1.

Program

import java.io.*;


public class Rumah1{

public static String bacaInputan(){

String baca="";

InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);

BufferedReader buf=new BufferedReader(input);

try{

baca=buf.readLine();

}catch(IOException e){

System.out.println("Error!");

}

return baca;

}


public static void main(String[]opo){

System.out.println("sisi=");

int sisi=Integer.parseInt(bacaInputan());

    int s=sisi;

for (int a = 1; a <= s; a++){

        int b = a - 1;

        for (int c = 1; c <= b; c++){

            System.out.print(" "); 

        }

 

        b = s-(a-1);

        for (int c = 1; c <= b; c++){

           System.out.print("* "); 

        }

        System.out.println(""); 

    }

}

}

Output.


  1. Tugas rumah2.

Program

import java.io.*;


public class Rumah2{

public static String bacaInputan(){

String baca="";

InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);

BufferedReader buf=new BufferedReader(input);

try{

baca=buf.readLine();

}catch(IOException e){

System.out.println("Error!");

}

return baca;

}


public static void main(String[]opo){

System.out.println("Input 1 : ");

String input1=Rumah2.bacaInputan();

System.out.println("Input 2 : ");

String input2=Rumah2.bacaInputan();

System.out.println("Kombinasi keduanya : "+input1+input2);

System.out.println("Jumlah keduanya    : "+(input1+input2));

}

}

Output

  1. Tugas Rumah 3

Program

Objek siswa.

import java.io.*;

class Siswa{

String nama;

int jumlah;

public static String bacaInputan(){

String baca="";

InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);

BufferedReader buf=new BufferedReader(input);

try{

baca=buf.readLine();

}catch(IOException e){

System.out.println("Error!");

}

return baca;

}


void tambahSiswa(){

System.out.println("Nama Siswa : ");

this.nama=bacaInputan();

this.jumlah++;

}

void cekSiswaMasuk(){

System.out.println("Jumlah Siswa Masuk : "+this.jumlah);

}

}

Objek Rumah3.

public class Rumah3{

public static void main(String[]args){

int pilihan;

String ulang="y";

Siswa siswabaru=new Siswa();

    do{

System.out.println("1. Tambah Siswa");

System.out.println("2. Jumlah Siswa Masuk");

System.out.println("3. Keluar");

System.out.println("Pilih menu : ");

pilihan=Integer.parseInt(siswabaru.bacaInputan());

switch(pilihan){

case 1:

siswabaru.tambahSiswa();

ulang="y";

break;

case 2:

siswabaru.cekSiswaMasuk();

break;

case 3:

System.exit(0);

break;

default:

break;

}

}while(ulang=="y"||ulang=="Y");

}

}



Output 






  1. Kesimpulan

  • Untuk input/output di paling  atas code harus di tambah : import java.io.*;

  • Di dalam method maian harus di tambah:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));

  • Deklarasikan variable String temporary dan digunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.

try { 

String temp = dataIn.readLine(); 

} catch ( IOException e ){ 

System.out.println(“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input ”) 


  1. Daftar Rujukan

Comments

Popular posts from this blog

PROGRAM MEMBUAT KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) Menggunakan C++

Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Tujuan pembuatan KTP adalah agar seseorang memiliki kepastian dimana dia tinggal dan dapat diakui oleh Negara yang ditinggalinya. Dalam KTP terdapat identitas pribadi seseorang dimana identitas tersebut digunaka untuk mengetahui keadaan seseorang dan juga dapat digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya tersesat pada saat bepergian, pembunuhan, masuknya warga Negara secara illegal dan dapat membahyakan Negara tersebut contohnya terorisme. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu program yang dapat membantu pemabauatan KTP tersbebut dan selanjutnya akan dilakukan penyimpanan data sebaga...

ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA "HASHING TABLE"

A.     DASAR TEORI 1.       Pengertian Hash Tabel Hash Table adalah sebuah struktur data yang terdiri atas sebuah tabel dan fungsi yang bertujuan untuk memetakan nilai kunci yang unik untuk setiap record (baris) menjadi angka (hash) lokasi record tersebut dalam sebuah tabel. Keunggulan dari struktur hash table ini adalah waktu aksesnya yang cukup cepat, jika record yang dicari langsung berada pada angka hash lokasi penyimpanannya. Akan tetapi pada kenyataannya sering sekali ditemukan hash table yang record-recordnya mempunyai angka hash yang sama (bertabrakan). Pemetaan hash function yang digunakan bukanlah pemetaan satusatu, (antara dua record yang tidak sama dapat dibangkitkan angka hash yang sama) maka dapat terjadi bentrokan (collision) dalam penempatan suatu data record. Untuk mengatasi hal ini, maka perlu diterapkan kebijakan resolusi bentrokan (collision resolution policy) untuk menentukan lokasi record dalam tabel. Umumnya keb...

Peningkatan Pengalaman Pengguna: UI/UX yang Disesuaikan pada iPhone 15

Peningkatan Pengalaman Pengguna: UI/UX yang Disesuaikan pada iPhone 15 Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, pengalaman pengguna yang lebih baik menjadi salah satu fokus utama bagi perusahaan teknologi terkemuka seperti Apple. Dengan peluncuran iPhone 15, perusahaan ini tidak hanya menawarkan inovasi teknologi yang canggih, tetapi juga menghadirkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern. Desain Antarmuka yang Ergonomis iPhone 15 hadir dengan desain antarmuka yang lebih ergonomis, memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berinteraksi dengan perangkat mereka. Tampilan yang disempurnakan memberikan keterbacaan yang lebih baik, ikon yang lebih jelas, dan tata letak yang lebih terorganisir. Ini membuat navigasi melalui berbagai aplikasi dan fitur menjadi lebih intuitif dan menyenangkan. Personalisasi yang Lebih Luas Apple memberikan fokus yang lebih besar pada personalisasi pengalaman pengguna dalam iPhone 15. Pen...