LAPORAN KE-2
”PENGENALAN JAVA II”
TUJUAN
Mahasiswa mampu membuat class sendiri
Mahasiswa mampu mendeklarasikan atribut dan method pada class
Mahasiswa mampu menerapkan overloaded method
DASAR TEORI
Class
Class adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu fungsi objek (benda),yang mendeskripsikan data (sifat karakteristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut.Karena kelas merupakan wadah yang akan digunakan untuk menciptakan objek,maka jelaslah bahwa kita harus membuat kelas terlebih dahulu sebelum membuat objek.
Dalam pendefinisian class,umumnya dituliskan sebagai berikut :
<modifier> class <name> {
<attributeDeclaration>*
<constructorDeclaration>*
<methodDeclaration>*
}
Object
Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait.Object saling berinteraksi dengan saling memanggil metode dari suatu object ke object lainnya,disebut message.Dengan kata lain,object merupakan instance sebenarnya dari sebuah class.Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan menggunakan kata kunci new.
Dalam bahasa pemrograman Java,object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut :
nama_class nama_instance = new nama_class();
Attribute
Dalam pendeklarasian atribut,dapat dituliskan :
<modifier> <type> <name> [= <default_value>];
Scoope Variabel
Variabel Scoope (cakupan variable) menentukan seberapa luas variable dapat diakses.Ruang lingkup atau scoope suatu variabl merupakan penempatan lokasi dimana variable tersebut dideklarasikan dan dapat berlaku.Lingkup variable terbagi dua,yaitu lingkup Global dan Local.
Overloading Methods
Dalam class yang kita buat,kadangkala kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan.Kemampuan ini dimungkinkan dalam pemrograman Java,dan dikenal sebagai overloading method.
Input/Output
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input :
Tambahkan di bagian paling atas code:
import java.io.*;
Tambahkan statemen berikut pada method main:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
Deklarasikan variable String temporary dan digunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
try {
String temp = dataIn.readLine();
} catch ( IOException e ){
System.out.println(“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input ”)
}
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input dari console dengan Scanner :
Menambahkan
import java.util.Scanner;
Membuat objek dari class Scanner
Scanner input = new Scanner(System.in);
Memasukkan nilai dari masing-masing variable dengan menggunakan object dari Scanner
System.out.print(“Masukan nama : “);
String nama = input.nextLine();
System.out.println(nama);
LATIHAN
Latihan 1
Script Program
Output program
Script Program
Output Program
Script Program
public class TestMahasiswa{
public static void main(String[]sugeng){
System.out.println("Mengganti identitas Mahasiswa PTI");
MahasiswaPTI MHS=new MahasiswaPTI();
System.out.println("IDENTITAS AWAL : ");
MHS.cetak();
MHS.ubah("DITA",2010,"Madiun");
System.out.println("IDENTITAS AKHIR : ");
MHS.cetak();
System.out.println("===========================================");
System.out.println("Mengganti identitas Mahasiswa PTE");
MahasiswaPTE MHSE=new MahasiswaPTE();
System.out.println("IDENTITAS AWAL : ");
MHSE.cetak();
MHSE.ubah("DITA",2010,"Madiun");
System.out.println("IDENTITAS AKHIR : ");
MHSE.cetak();
}
}
Output Program
Latihan 2
a.Program
b.Program
c. class yang terbentuk di folder
e.Output Program
f.
Latihan 3
a.Program
b.Program
c. class yang terbentuk di folder
Latihan 4
a.Program
b.Output
Latihan 5
Program
Output
TUGAS PRAKTIKUM
Tugas Praktikum 1
Program
class Rumah1{
static int tambah(int a, int b){
return a+b;
}
static double tambah(double a, double b){
return a+b;
}
static int tambah(int a, int b, int c){
return a+b+c;
}
public static void main(String[]opo){
Penjumlahan angka=new Penjumlahan();
int hasil=angka.tambah(3,4);
int hasil2=angka.tambah(3,4);
int hasil3=angka.tambah(3,4,8);
double hasil4=angka.tambah(7.0,7.5);
System.out.println("1. "+hasil);
System.out.println("2. a<3> + b<4> ="+hasil2);
System.out.println("3. "+hasil3);
System.out.println("4. "+hasil4);
}
}
Output.
Tugas Praktikum 2
Program
class Boolean{
static boolean cek(boolean b){
if(b==true)return false;
else return true;
}
static boolean kurangdarisd(int a, int b){
if(a<=b) return true;
else return false;
}
static boolean lebihdari(int a, int b){
if(a>b) return true;
else return false;
}
public static void main(String[]opo){
Boolean bo=new Boolean();
boolean b=true;
System.out.println("Nilai b = "+b);
System.out.println("Statemen Awal dieksekusi");
b=bo.cek(b);
System.out.println("Nilai b = "+b);
System.out.println("Statemen Akhir dieksekusi");
System.out.println("2 <=7 mengembalikan nilai "+bo.kurangdarisd(2,7));
System.out.println("3 >9 mengembalikan nilai "+bo.lebihdari(3,9));
System.out.println("9 <=9 mengembalikan nilai "+bo.kurangdarisd(9,9));
}
}
Output
Tugas praktikum 3
Program
import java.io.*;
public class Name{
public static String bacaInputan(){
String baca="";
InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader buf=new BufferedReader(input);
try{
baca=buf.readLine();
}catch(IOException e){
System.out.println("Error!");
}
return baca;
}
public static void main(String[]sugeng){
System.out.println("Please input your name : ");
String name=Name.bacaInputan();
System.out.println("Please input your character : ");
String character=Name.bacaInputan();
System.out.println("Hello...My name is "+name);
System.out.println("I'm a very "+character+" person.");
}
}
Output
Tugas Rumah
Tugas Rumah 1.
Program
import java.io.*;
public class Rumah1{
public static String bacaInputan(){
String baca="";
InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader buf=new BufferedReader(input);
try{
baca=buf.readLine();
}catch(IOException e){
System.out.println("Error!");
}
return baca;
}
public static void main(String[]opo){
System.out.println("sisi=");
int sisi=Integer.parseInt(bacaInputan());
int s=sisi;
for (int a = 1; a <= s; a++){
int b = a - 1;
for (int c = 1; c <= b; c++){
System.out.print(" ");
}
b = s-(a-1);
for (int c = 1; c <= b; c++){
System.out.print("* ");
}
System.out.println("");
}
}
}
Output.
Tugas rumah2.
Program
import java.io.*;
public class Rumah2{
public static String bacaInputan(){
String baca="";
InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader buf=new BufferedReader(input);
try{
baca=buf.readLine();
}catch(IOException e){
System.out.println("Error!");
}
return baca;
}
public static void main(String[]opo){
System.out.println("Input 1 : ");
String input1=Rumah2.bacaInputan();
System.out.println("Input 2 : ");
String input2=Rumah2.bacaInputan();
System.out.println("Kombinasi keduanya : "+input1+input2);
System.out.println("Jumlah keduanya : "+(input1+input2));
}
}
Output
Tugas Rumah 3
Program
Objek siswa.
import java.io.*;
class Siswa{
String nama;
int jumlah;
public static String bacaInputan(){
String baca="";
InputStreamReader input=new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader buf=new BufferedReader(input);
try{
baca=buf.readLine();
}catch(IOException e){
System.out.println("Error!");
}
return baca;
}
void tambahSiswa(){
System.out.println("Nama Siswa : ");
this.nama=bacaInputan();
this.jumlah++;
}
void cekSiswaMasuk(){
System.out.println("Jumlah Siswa Masuk : "+this.jumlah);
}
}
Objek Rumah3.
public class Rumah3{
public static void main(String[]args){
int pilihan;
String ulang="y";
Siswa siswabaru=new Siswa();
do{
System.out.println("1. Tambah Siswa");
System.out.println("2. Jumlah Siswa Masuk");
System.out.println("3. Keluar");
System.out.println("Pilih menu : ");
pilihan=Integer.parseInt(siswabaru.bacaInputan());
switch(pilihan){
case 1:
siswabaru.tambahSiswa();
ulang="y";
break;
case 2:
siswabaru.cekSiswaMasuk();
break;
case 3:
System.exit(0);
break;
default:
break;
}
}while(ulang=="y"||ulang=="Y");
}
}
Output
Kesimpulan
Untuk input/output di paling atas code harus di tambah : import java.io.*;
Di dalam method maian harus di tambah:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
Deklarasikan variable String temporary dan digunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
try {
String temp = dataIn.readLine();
} catch ( IOException e ){
System.out.println(“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input ”)
}
Daftar Rujukan
Modul2 Pemerograman Berbasis Objek Teknik Elektro
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas Komentarnya!